Perbedaan Do and Does

cov-do-does

Di percakapan sehari – hari Do dan Does sangat sering digunakan, namun kadang kita salah dalam penempatannya. Do dibaca “du” bukan “do” dan Does dibaca “das” bukan “does”. Disini saya akan menjelaskan secara mudah supaya kalian tidak lagi salah dalam penggunaan Do and Does. Mari simak secara lengkap perbedaan Do dan Does di bawah ini.

 




Kapan Menggunakan Do dan does?

Do dan Does digunakan di Simple present Tense. Cara menggunakannya adalah seperti berikut:

+) S+V+O

-) S+do/does+not+V+O

?) Do/Does+S+V+O? atau ?) Do/Does+not+S+V+O?

Examples For Do and Does

do-does-examples

Examples for Do and Does

Do dan Does juga bisa digunakan dalam kalimat positive, gunanya untuk mempertegas suatu kalimat. Bisa dilihat dari contoh kalimat di atas, contoh kalimat nomor 3 “She does have her mother face”. Kalimat tersebut menekankan bahwa wajah perempuan tersebut sangat mirip dengan ibunya. Contoh lainnya untuk menekankan suatu kalimat menggunakan Do, misalnya “I do love you”, artinya saya benar – benar mencintaimu.




Pada kalimat tanya (interrogative), Do dan does bisa juga menggunakan not. Bisa dilihat dari contoh terakhir diatas “Don’t you know that?”, artinya tidakkah kamu tau?. Contoh lainnya lagi misalnya, “Doesn’t it hurt?”, yang berarti tidakkah itu sakit?

Karena Do dan Does hanya digunakan pada Simple Present Tense maka verb yang digunakan hanya V1 yaitu kata kerja pertama atau kata kerja dasar, misalnya sit, walk, run, sleep, eat, watch dan lain sebagainya. Jadi jika bertemu dengan kalimat “I do helping people to move” ini kalimat yang kurang tepat. Tepatnya “I am helping people to move”.

Subject untuk Do and Does

DO digunakan pada subject I, You, We, They sedangkan Does digunakan pada He, She, It.

do-and-does

Subject for Do and Does

Jadi sekarang sudah jelas bukan Perbedaan Do dan Does, mereka digunakan di percakapan sehari – hari dan ini adalah materi dasar dalam bahasa inggris. Namun jangan merasa berkecil hati jika bahasa inggrismu masih gado – gado, kalau terus belajar pasti bisa.

Okay, that’s all for Do and Does, if you guys still confused about it, please let me know in the comment section below. Learn English with me is free.




Author: English Guruw

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *